Mariani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

TIDAK SEGAMPANG ALAM PIKIRKU

Hanya bermodalkan semangat dan keberanian, saya nekad menerima dua tantangan sekaligus. Tantangan menulis 30 hari digurusiana tanpa jedah dan tantangan menulis naskah buku selama satu bulan.

Setelah mempelajari beberapa jenis tulisan dari internet, maka kuputuskan untuk memilih jenis tulisan opini dalam membuat naskah buku. Menurutku jenis tulisan ini lebih gampang. Cukup menuliskan pendapat pribadi terhadap satu objek, berdasarkan persepsi dan pandangan penulis. Referensi hanya diperlukan ketika mengutip pendapat pihak lain, untuk mendukung pendapat penulis.

Ringkas cerita, naskah bukupun telah rampung, sesuai waktu yang telah ditetapkan. Aku pikir satu tantangan sudah selesai. Tetapi begitu naskah buku disodorkan kepada editor, baru kusadari ternyata pemahamanku keliru. Walaupun tulisan berupa opini, harus tetap mencantumkan referensi, terutama dalam penggunaan istilah. Karena ada beberapa istilah yang harus kuat dasar hukumnya, meskipun hanya satu kata. Minimal referensinya dicantumkan pada bagian daftar pustaka.

Sementara saya terkadang menggunakan istilah yang saya baca dan yang saya dengar dalam sebuah seminar, pelatihan, diskusi, atau semacamnya. Lalu saya catat dan selanjutnya saya gunakan. Sumbernya tidak jelas dari mana, kapan dan oleh siapa. Akhirnya pusing dalam membuat referensi.

Semoga pengalaman ini dapat menjadi pembelajaran, terutama untuk diriku sendiri agar terus semangat belajar dan berlatih dalam menulis.

#TantanganMenulisHari ke-73

#Tantangan90hariMenulis

#TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah tulisan ibu bagus, sudah hari ke 73, saya masih sangat baru, Mohon suportnya, bu Mariana

31 May
Balas



search

New Post